Sunday 6 November 2011

Bermasyarakat dan Berbudaya dalam suatu organisasi

Untuk memenuhi tugas softskill Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), tugas ini bertemakan tentang “Bermasyarakat dan Berbudaya”. Maka dari itu saya melakukan wawancara dengan salah satu pengurus purna paskibraka Indonesia Kota Bogor yang bernama Ridwan Adi Nugraha yang menjabat sebagai Bendahara umum dalam organisasi tersebut. Berikut adalah hasil wawancara saya dengan saudara Ridwan.  
1.       Bagaimana awal mulanya anda bisa terpilih sebagai  Paskibraka Kota Bogor?
·         Pada mulanya saya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler paskibra di sekolah, lalu ada surat pemberitahuan dari dinas pendidikan Kota Bogor dan PPI (Purna Paskibraka Indonesia) kota Bogor bahwa akan diadakan seleksi pemilihan calon Paskibraka 2006 (capaska), dan dari setiap sekolah di Kota Bogor mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti seleksi tersebut. Saya mendaftar untuk ikut seleksi tersebut dan mengikuti berbagai rangkaian tes yang ada didalamnya dan alhamdulillah saya lolos dalam seleksi tersebut, terpilih mewakili sekolah saya sebagai Pakibraka Kota Bogor 2006.

2.       Mengapa anda memutuskan untuk  memilih Paskibraka sebagai kegiatan rutin anda?
·         Awalnya karena ketertarikan ingin mengetahui apa sih bedanya paskibra dan paskibraka itu sendiri. Maka saya putuskan untuk memilih ikut serta dalam kegiatan ini,  juga untuk menambah pengetahuan dan pengalaman.

3.       Apakah  yang membuat anda menjadi tertarik dengan Paskibraka?
·         Termotivasi terhadap minat pelajar SMA kota Bogor pada saat itu yang mengikuti seleksi capaska. Karena awalnya saya hanya mendapat mandat dari sekolah untuk menjadi perwakilan saja, tetapi pada saat saya mengikuti seleksinya saya melihat teman – teman seperuangan saya sangat berminat sekali jadi saya juga ikut termotivasi dengan semangat mereka itu.

4.       Apakah arti Paskibraka bagi anda?
·         Paskibraka adalah sebuah wadah bagi generasi muda untuk memaknai rasa nasionalisme yang telah memudar, tak hanya itu tetapi dari Paskibraka kita dapat belajar banyak hal yang tak semua orang dapat hal tersebut pada usia yang sangat muda.


5.       Apakah orangtua  dan orang – orang sekitar anda menyetujui dan mendukung anda?
·         Iya tentu, memang pada awalnya orangtua saya tidak mengetahui bahwa saya sedang mengikuti seleksi pemilihan capaska, tetapi saat saya lolos seleksi akhirnya orangtua pun tahu dan mendukung saya. Semua teman-teman disekolah dan orang-orang sekitar saya juga mendukung pilihan saya.

6.       Apa yang bisa anda beri / sumbangkan pada masyarakat luas tentang pelajaran yang anda dapat dalam Paskibraka?
·         Untuk sumbangsih secara teknis, saya mengajar/ melatih tentang paskibra dibeberapa sekolah-sekolah yang ada di Kota Bogor baik SMP maupun SMA. Sampai saat ini saya sudah 3 tahun mengajar, tak hanya cara bari berbaris yang saya ajarkan tetapi saya juga mengajarkan bagaimana rasa nasionalisme itu dapat membuat kita menjadi lebih disiplin dan peka terhadap sesama, itulah salah satu sumbangsih saya terhadap generasi muda sekarang ini.

7.       Bagaimana anda memaknai sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober kemarin?
·         Sebagai seorang Purna Paskibraka tentunya secara teknis saya sering diminta untuk bertugas dalam upacara Sumpah Pemuda di Balaikota Bogor sebagai protokoler upacara. Tetapi secara pemaknaan pribadi tentang sumpah pemuda itu sendiri, sebenarnya saya ingin tak hanya generasi muda tapi semua pemimpin negara ini dapat dengan benar memaknai sumpah pemuda itu sendiri, tanamkan dalam jiwa kita bahwa bukan tubuh yang harus muda tetapi jiwa muda yang bersemangat untuk memimpin secara adil, semoga semua generasi muda dapat memaknai dan mengaplikasikannya kedalam kehidupan nyata.

8.       Menurut anda, apakah anggota Paskibraka dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan rasa nasionalisme/ cinta tanah air generasi muda sekarang?
·         Bisa, karena dalam Paskibraka kita tidak hanya dilatih secara fisik dalam baris berbaris, tetapi juga dilatih tentang kepemimpinan, cara berorganisasi dan kegiatan-kegiatan cinta tanah air sehingga dengan sendirinya rasa nasionalisme itu tertanam didalam diri anggota Paskibraka itu sendiri dan dalam kehidupan sehari-harinya mereka menularkan secara langsung atau tidak langsung tentang pengalaman apa yang mereka dapat selama masa pelatihan dan pengertian nasionalisme terhadap orang-orang disekitar mereka entah itu teman atau saudara mereka.

9.       Sampai saat ini, bagaimana anda menilai perkembangan Paskibraka sekarang?
·         Untuk perkembangan, sedang ada penurunan belakangan ini karena adanya penguranga ekstrakulikuler disekolah dan itu memang program dari dinas pendidikan dan dampaknya tidak hanya terhadap Paskibraka tetapi juga terhadap organisasi lain yang mengandalkan ekstrakulikuler dalam setiap sekolah. Walaupun perkembangannya sedang berkurang tetapi minat pelajar SMA Kota Bogor untuk mengikuti program ini masih sangat besar.

10.   Bagaimana anda melihat minat generasi muda untuk menjadi seorang Paskibraka?
·         Untuk minat generasi muda sekarang terhadap Paskibraka itu sendiri masih sangat baik, sebagian dari mereka pasti ada yang memang sudah bercita-cita ingin menjadi Paskibraka sejak kecil atau motivasi dari berbagai hal yang menjadikan minat mereka tinggi untuk ikut seleksi capaska dan lolos menjadi Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka).

11.   Apakah kegiatan Paskibraka termasuk dalam berbudaya dalam masyarakat Indonesia?
·         Iya, karena dalam Paskibraka kita diajarkan berbudaya nasionalisme, yaitu berbudaya untuk mencintai negara kita sendiri dan menghargai serta melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa. Dalam organisasi kami sendiri (PPI Kota Bogor) kami selalu mengadakan acara tahunan yang bernama “SUKANBARAYA” nama ini diambil dari bahasa sansekerta yang berarti “Pesta Para sebaya”, acara didalamnya terdapat unsur-unsur kebudayaan Indonesia.

12.   Apa peran anggota Paskibraka dalam masyarakat?
·         Peran serta Paskibraka dalam masyarakat adalah aplikasi dari apa yang mereka dapat selama masa pelatihan dengan sendirinya seperti pemahaman tentang berorganisasi dan kepemimpinan, kedisiplinan dan kepekaan terhadap sesama dan itu biasanya secara langsung akan diaplikasikan  dalam bermasyarakat.

13.   Apa harapan anda terhadap Paskibraka kota Bogor kedepannya nanti?
·         Harapan saya untuk Paskibraka Kota Bogor khusunya kedepan nati pastinya harus lebih baik lagi, karena dizaman globalisasi seperti ini rasa nasionalisme generasi muda sekarang sudah perlahan memudar dan itulah fungsi kami sebagai Paskibraka ataupun Purna Paskibraka untuk selalu menularkan rasa nasionalisme itu terhadap generasi muda sekarang ini sehingga tidak akan memudar dan hilang.



Sebagai pelengkap wawancara saya dengan Ridwan saya lampirkan beberapa dokumentasi hasil wawancara saya.







1 comment:

  1. OK..SETIAP KITA DI HADAPKAN DENGAN PERISTIWA APAPUN, PANDANGLAH SEMUA ITU DAN TANGGAPILAH DENGAN PENUH KEYAKINAN KARENA ITU SEMUA TUHAN SEDANG BERKEHENDAK..

    FURUHITHO

    ReplyDelete