Monday 28 November 2011

Perencanaan Hidup

Dalam keinginan jangka dekat ini saya ingin mendapatkan IPK >3.5 di semester awal ini, agar semester-semester berikutnya dapat lebih meningkatkan IPK saya agar mendekati IPK sempurna. Namun memperoleh IPK yang memuaskan bukanlah sesuatu mudah, dibutuhkan keseriusan dalam belajar secara intensif baik dikampus dan dimanapun.
Prinsip hidup yang saya pegang adalah saya tidak mau menjadi orang pintar karena setiap orang pintar belum tentu cerdas tetapi jika saya menjadi orang yang cerdas pasti saja pintar. Hidup itu bagaikan aliran listrik yang mengaliri sebuah kabel, jika kabel itu dialiri muatan listrik yang kecil tentunya dayanya pun akan kecil, berbeda dengan jika aliran listrik yang megaliri kabel itu daya listri tersebut besar, hal tersebut sama dengan semangat hidup yang dipegang setiap manusia. Dan tentunya kita tidak menginginkan hanya mendapatkan belas kasih dari seseorang, kita pun harus bangkit agar hari esok lebih baik dari hari ini. Bukan mereka tapi anda yang menentukan jalan hidup anda sendiri.

“Only with the sufferings of life can teach the people for give respect
About goodness and attractive of life”

Tujuan hidup saya adalah yang paling utama dan yang paling utama adalah membuat orang tua saya bangga dengan apa yang saya dapatkan dan saya raih, yang kedua adalah untuk diri saya sendiri, dengan memperoleh kesuksesan yang saya raih nanti tentunya ada kepuasan dalam diri saya ternyata saya tidak sia-sia mengenyam pendidikan yang lumayan lama sehingga saya menjadi orang yang berguna bagi orang lain dan diri saya sendiri, tentunya saya pun tidak besar kepala dengan apa yang saya dapatkan nanti.

“Unsuccessfulness like strong teacher
Who work hard our interest, best, and so much love us more than ourselves”

Selain dari pada itu saya juga ingin mempunyai planning jangka dekat dan jauh agar hidup saya dapat terarah, planning saya antara lain :

Tahun
Planing
2012
Ditahun ini saya akan fokus berorganisasi dengan salah satu himpunan mahasiswa yang berkaitan dengan jurusan kuliah saya agar nantinya sebagai landasan pengalaman didunia kerja.
2013
Menyusun PI dan mencoba mencari sambilan pekerjaan
2014
Di tahun ini saya ingin kembali fokus dalam pendidikan saya, mengingat ditahun ini saya akan sidang D3 dan mempersiapkan skripsi saya 
2015
Lulus dari Universitas Gunadarma dan bekerja di perusahaan ayah saya
2016
Fokus dengan pekerjaan saya dan menabung
2017
Membangun usaha sambilan
2018
Membeli rumah dengan hasil saya kerja
2019
Nikah dan menata kehidupan baru dengan keluarga kecil saya
2020
Berinvestasi dan menabung
2021
Memberangkatkan keluarga besar saya pergi haji dan ingin mempunyai anak pertama saya terutama saya menginginkan anak lelaki
2022
Melanjutkan studi S2
2023
Mempunyai anak kedua terutama saya mengingini anak perempuan
2024
Fokus pada studi, pekerjaan saya dan menabung
2027
Mempunyai usaha Toko Komputer
2029
Membuat projek alat dari ilmu yang saya sudah dapatkan sewaktu saya kuliah agar bermanfaat bagi oranglain
2030
Menikmati hari-hari dengan rutinitas pekerjaan, wirausaha saya dan tentunya dengan keluarga saya


Berikut saya Tampilkan grafik dari tabel diatas:

“Pada saat 0-10 tahun, anda mulai belajar berdiri
Pada saat 10-20 tahun, anda mulai belajar berjalan
Pada saat 20-40 tahun, anda berlari sekencang-kencangnya
Pada saat 40-50 tahun, anda kembali berjalan perlahan-lahan
Dan
Pada saat 50-60 tahun, anda duduk dan berbaring”

Dengan tabel rencana diatas saya mengharapkan agar nantinya hidup saya dapat terarah dan memikirkan segala masa depan saya agar nantinya dapat membanggakan orang tua saya dan saya dapat berguna untuk orang lain.
Mungkin cita-cita saya berbeda sewaktu saya kecil,waktu kecil saya bercita-cita sebagai pengacara tetapi sewaktu saya SMA saya ingin menjadi programmer & orang pencipta alat-alat baru yang dapat mempermudah kerja manusia atau saya ingin menjadi ahli dibidang robotic (amin).

“Jika anda menanyakan cita-cita kepada anak kecil
Maka, jawabannya dia ingin menjadi Presiden, Astronot, Pilot dan cita-cita yang sangat tinggi kedudukannya.
Berbeda dengan anda menanyakan kepada orang dewasa
Maka, Jawabannya mereka hanya ingin bekerja di kantoran” 

Sesuai dengan jurusan perkuliahan saya yaitu Sistem Komputer, alasan saya ingin mengambil jurusan tersebut adalah untuk mewujudkan cita-cita saya. Dibalik itu saya yakin prospek kerjanya juga besar dan saingannya juga tidak sebanyak jurusan lainnya. Saya “nekat” mengambil jurusan Sistem Komputer padahal saya awam dibidang hardware tetapi saya sangat yakin bahwa saya bisa lalui semuanya dengan mudah semuanya demi masa depan saya dan hari tua saya nantinya.
Adapun keinginan saya sewaktu saya SMP kelas 1 – Kelas 3 SMA yaitu:

Kelas
Keinginan
1 SMP
Pada saat kelas 1 SMP ini keinginan saya belum terlalu banyak dikarenakan pada masa ini saya hanya fokus untuk menuntut ilmu dan pada saat ini saya Alhamdulillah masuk rangking 10 besar
2 SMP
Pada saat kelas 2 SMP ini saya ingin memperbaiki peringkat kelas saya, dan saya masuk rangking 5 besar
3 SMP
Kelas 3 ini adalah kelas penentu saya lulus atau tidak lulus dalam Sekolah Menengah Pertama dan keinginan saya Lulus dengan nilai terbaik dan mendapatkan SMA favorit.
Akhirnya saya lulus dan masuk SMA yang saya inginkan yaitu SMAN 10 Bogor
1 SMA
Di kelas x ini saya hanya ingin masuk jurusan IPA dikarenakan saya memang minatnya di IPA dan jurusan IPA nantinya di perkuliahan pilihan jurusannya banyak
2 SMA
Setelah saya masuk jurusan IPA keinginan selanjutnya yaitu mempersiapkan untuk UN dan saya berkonsentrasi ingin juara kelas.
3 SMA
Memang pada kelas 3 SMA ini adaah faktor penentu saya untuk tingkat selanjutnya dan dihadapkan pada UN. Saya juga memilih PTS yaitu Universitas Gunadarma dan saya memilih Sistem Komputer sebagai jurusan saya.

Berikut adalah sepenggal foto-foto saya sewaktu saya kecil:



Berikut adalah foto saya sewaktu saya SD kelas 4:





1 comment:

  1. OK...PASTIKAN UNTUK SELALU MELIHAT DAN MEREVIEW KE TAHAP2 DALAM MENCAPAI TUJUAN HIDUP


    FURUHITHO

    ReplyDelete