Monday 18 November 2013

Lampu Flip-Flop Menggunakan IC 3130 dan IC 4017

Perangkat elektronika merupakan suatu perangkat keras yang kompleks dimana suatu perangkat dapat terdiri dari puluhan, bahkan ratusan komponen elektronika. Seiring dengan perkembangan teknologi dan desakan oleh kebutuhan pasar dalam produksi perangkat elektronika, maka dikembangkan suatu perangkat elektronika yang mengintegrasikan semua atau sebagian komponen elektronika dalam satu perangkat, dimana perangkat ini akan menjadi sebuah perangkat yang fleksibel dan efisien.         

Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak lampu hias atau tulisan berjalan dengan menggunakan lampu led ratusan. Pada Lampu flip-flop yang penulis buat masih rangkaian sederhana, dengan mengekplorasi rangkaian yang masih sederhana ini akan menjadi rangkaian yang lebih bagus, sebagai contoh pada rangkaian tulisan berjalan yang biasa ada pada kantor-kantor atau di dalam masjid sekalipun sudah ada. Jadi apabila rangkain yang masih dasar ini dieksplorasi kembali akan lebih bagus lagi hasilnya. Pada rangkaian flip-flop akan menghasilkan nyala lampu led yang tersusun berderet 1 baris, akan bergeser ke arah kanan dengan potensiometer sebagai pengatur kecepatan laju pada led. 

Dalam penulisan ilmiah ini rangakain flip-flop memakai beberapa IC Analog Diantaranya IC 3130 sebagai Osilator, IC 4017 sebagai Counter (Johnsons Counter) dan beberapa komponen-komponen elektronika lainnya seperti Resistor, Kapasitor, Led, dan output dari rangkaian ini adalah tampilan pada lampu led.

Untuk lebih jelas silahkan Download makalah yang kami kerjakan

No comments:

Post a Comment