Friday 25 October 2013

Tips Membeli Printer

Dalam pembelian printer pasti anda ingin memilih printer yang terbaik, terbaik dari segi apakah saja itu:

  • Kecepatan cetaknya yang cepat
  • Hasil print warna dan teks bagus
  • Harga murah
  • Tingkat ketahanan mesinnya awet

Saya akan membandingkan tiga brand printer dari kekurangan dan kelebihannya, antara lain Canon, Epson dan HP.

1. Canon
+ Kecepatan printer OK dibanding Epson&HP
+ Paling awet bagus kalo pemakaian hitam lebih dominan dibanding warna
+ Hasil warna Bagus dan cepat so pasti
+ Print Teks Draft jelas
+ Harga murah
+ Cocok buat perkantoran
- Roller cepat patah (narik banyak/paper jam) Khusus IP 12k,16k,17k,1880,MPseries/AIO
- Untuk gambar Human agak merah (kurang natural)
- Catridge warna cepat rusak (khusus type IP1200 s/d 1880 & MP/C series (catridge yg warnanya gabung dlm 1 catridge) 
kalo sering print warna
- Kalo print kadang suka ada banjir di sisi kertas meski catridge baru/belum refill
-Tidak cocok untuk percetakan

2. Epson
+ Hasil warna Paling bagus dibanding Canon/HP
+ Murah kalau sudah pake infus karena ga ganti2 catridge
+ Tingkat ketahanan mesin bagus
+ Cocok untuk pemakaian warna/gambar
+ cocok buat percetakan /foto digital 
- Print teks/hitam kurang bagus karna base hitam dan biru (kalo canon,hp murni hitam) jadi hitamnya agak kecoklatan
- kalo banyak pake kertas foto(apalagi yg double glossy/double side) bakal cepet rollernya
- hasil bergaris kalau sering gonta-ganti merk refill tinta (head cepat kena)
- Agak lambat dibanding Canon,HP
- Print Daft gak bagus karna jadi kabur (blur)
- Musti pasang pembuangan luar, karna lebih banyak makan tinta waktu cleaning

3. HP
+ Paling cocok untuk kantor kalau pemakaian kertas biasa aja
+ Catridge agak awet dibanding canon
+ Paling murah dibanding Canon&Epson
+ Hasil teks paling bagus dibanding Canon,Epson
+ Print warna lebih bagus dibanding canon
- kurang bagus pake kertas foto karna system narik kertasnya gulung dari bawah keatas
- kalo pake infus tidak dianjurkan sering berpindah tempat
- hasil print warna mayoritas bermasalah setiap habis refill/infus
- sering banjir catridgenya kalo dah direfill
- mainboard printer cepet mati karna berada tepat dibawah parking Catridge
(kepicratan tinta)
- Software sering bermasalah (paperjam/Offline/norespond)
- kalo naro kertas kurang pas suka narik banyak dan ngelipet

Apa saja jenis printer?
Printer Inkjet: Printer jenis inkjet mempunyai kualitas cetak profesional, beresolusi tinggi, warna cerah, dan teks yang tajam. Jika Anda ingin mencetak grafis secara penuh, warna cerah, sebuah printer inkjet adalah pilihan yang tepat. Printer jenis inkjet cocok untuk pemakaian rumah tangga, cukup kompak dan mudah untuk dipindah-pindahkan. Printer inkjet mencetak dengan kecepatan 5-20 halaman per menit, tergantung pada resolusi yang Anda gunakan dan apakah Anda mencetak gambar atau teks saja. Katrid printer inkjet biasanya hanya terdiri dari 2 macam saja, yaitu hitam (black) dan warna (color). Tinta printer inkjet relative murah, tetapi kapasitas cetaknya tidak banyak, hanya sekitar 50-80 lembar saja. Jadi biaya cetak perlembar untuk printer inkjet cukup tinggi.

Printer Laser: Printer Laser atau Laserjet, menggunakan teknologi pemanasan serbuk tinta (Toner). Karena itu, printer laser dapat mencetak dengan kecepatan tinggi dan kapasitas cetak yang besar. Printer laser sangat baik untuk pemakaian di kantor. Mereka sangat cocok untuk mencetak banyak dokumen dan mereka melakukannya dengan kecepatan cetak antara 6-40 halaman per menit. Toner printer laser memang kelihatan mahal, namun kapasitas cetaknya besar, bisa mencapai 1000-2000 lembar. Jadi biaya cetak perlembar untuk printer laser cukup murah.

Printer Foto: Jika Anda ingin mencetak foto Anda, sebuah printer foto akan membantu Anda menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Beberapa tipe bahkan memiliki layar LCD untuk melihat foto sebelum dicetak, tanpa menggunakan komputer! Biasanya printer foto menggunakan teknologi inkjet atau sublimasi warna (dye sublimation). Printer foto menggunakan katrid tinta terpisah 4-6 warna.

Printer Multifungsi: Printer ini menggabungkan kinerja, konektivitas, kecepatan, dan kehandalan dengan harga yang pasti sesuai anggaran. Selain mencetak, Anda akan menemukan fitur seperti fax, copy dan scan. Jika Anda menjalankan bisnis, printer multifungsi dapat menjadi solusi yang ekonomis dan hemat ruang.

Printer Portable: Jika Anda melakukan perjalanan bisnis, pertimbangkan printer portabel. Printer jenis ini umumnya mampu menghasilkan cetakan berkualitas tinggi.

Printer Dot Matrix: Printer Dot Matrix sangat cocok untuk urusan didalam kantor. Dengan printer ini, Anda akan dapat mencetak pada kertas rangkap (NCR), mencetak faktur, surat jalan, dan banyak lagi. Pekerja keras sejati!

Fitur apa yang penting dalam sebuah printer?
Resolusi: Jumlah titik tinta per inci (dpi - dot per inch) pada halaman tercetak. Resolusi menentukan kualitas huruf atau gambar yang tercetak. Kebanyakan printer juga sudah dilengkapi kemampuan untuk meningkatkan resolusi cetak melalui perangkat lunak (software). Kebanyakan printer menghasilkan resolusi minimal 300 x 600 atau 600 x 600 dpi cukup bagus untuk kebanyakan pekerjaan cetak. Model yang lebih canggih menawarkan resolusi yang lebih tinggi untuk kualitas cetak profesional.
Ink / Toner Cartridges: Jenis printer Anda (laser atau inkjet) akan menentukan jenis katrid tintanya. Printer laser menggunakan katrid berkapasitas besar berisi serbuk tinta, sedangkan printer inkjet menggunakan katrid berkapasitas kecil berisi tinta cair. Printer inkjet type foto memiliki 4-6 cartridge yang terpisah untuk masing-masing warna, sedangkan printer inkjet biasa hanya berisi 1 cartridge tinta warna dan 1 cartridge untuk tinta hitam. Katrid tinta warna seperti yang dimiliki printer foto lebih hemat, karena Anda hanya perlu mengganti katrid tinta warna yang habis saja.

Apa resolusi itu? Dan mengapa itu penting?
Jika Anda ingin kualitas cetak yang tajam dan jelas, perhatikan dengan cermat resolusi printernya - jumlah titik tinta per inci (dpi) pada halaman tercetak. Resolusi menentukan kualitas kata atau gambar yang tercetak, meskipun banyak printer telah dilengkapi perangkat lunak yang dapat meningkatkan kualitas cetak. Kebanyakan printer menghasilkan resolusi minimal 300 x 600 atau 600 x 600 dpi - cukup baik untuk kebanyakan pekerjaan cetak umumnya. Namun, jika Anda berencana untuk mencetak gambar yang dipoles dan profesional, cari printer dengan resolusi yang lebih tinggi.

Apakah semua model printer dapat bekerja dengan komputer saya?
Tidak, tidak semua model printer bekerja dengan semua sistem operasi komputer. Konsultasikan deskripsi printer, lihat konektivitas dan kompatibilitas driver dan perangkat lunaknya.

Apa jenis tinta kartrid yang tersedia?
Printer mendapatkan tinta dari toner / drum cartridge atau kartrid tangki tinta. Dengan laser printer, yang menggunakan toner / drum, Anda harus mengganti cartridge bila printer kehabisan tinta. Printer inkjet, yang menggunakan ink tank, Anda harus mengganti atau mengisi ulang tanki ketika mereka habis. Kedua jenis cartridge ini menghasilkan jumlah halaman yang bervariasi, meskipun Anda akan biasanya mendapatkan lebih banyak halaman dari kartrid laser. Beberapa printer inkjet menggunakan 4-6 katrid warna tunggal untuk setiap warna, dan beberapa menggunakan cartridge tricolor (3 warna) dan hitam terpisah. Jika Anda berencana untuk mencetak banyak dokumen teks pada printer ink jet, Anda harus mencari printer yang dilengkapi dengan tangki tinta hitam terpisah.

Apakah saya perlu kertas khusus untuk mencetak foto?
Belum tentu, tapi jika Anda ingin cetakan yang profesional, Anda mungkin ingin untuk mengambil beberapa kertas foto. Ini tersedia dalam berbagai jumlah, dan printer Anda mungkin datang dengan perangkat lunak untuk membantu Anda menghemat (misalnya, mencetak dua foto dalam satu lembar) dan mengurangi biaya kertas.

Apakah saya akan menerima yang lain? Apakah ada sesuatu yang lain yang saya butuhkan?

Anda akan sering menerima beberapa jenis perangkat lunak dengan printer Anda. Anda mungkin menerima program yang akan memungkinkan Anda untuk membuat undangan, kartu ucapan, poster, dan materi cetak lainnya. Photo printer sering dilengkapi dengan aplikasi photo-editing yang memungkinkan Anda untuk memanipulasi foto Anda (misalnya, mengubah warna atau menambahkan efek khusus). Perhatikan! Salah satu penting yang kemungkinan Anda tidak akan menerima: kabel printer. Pastikan Anda membeli kabel printer juga, atau Anda akan kecewa ketika Anda mencoba menghubungkan printer baru Anda. Perhatikan jenis kabel yang Anda butuhkan.

Sumber:
http://bangbiw.com/tips-dan-trik-membeli-printer/
http://www.kaskus.co.id/thread/51684eaa6012436750000005/tips--mau-beli-printermacuk-cini-dulu---part-1/
http://www.anugrahpratama.com/auxpage_panduan_membeli_printer/

Pendapat:
Menurut saya jika ingin membeli printer hal yang paling utama perhatikan dulu kegunaannnya, jika kegunaannya hanya untuk personal atau pribadi untuk sekedar printer di dalam pekerjaan atau perkuliahan maka pilih merk Cannon dan HP. Jika kegunaannya untuk percetakan foto digital maka pilihlah jenis printer bermerek Epson. Memang tidak diragukan lagi untuk printer bermerk Epson dari segi foto memang jernih dan tajam dari segi warna yang dihasilkan. Namun untuk printer jenis Cannon dan HP kurang untuk mencetak foto, Printer jenis ini banyak sekali digunakan untuk perkantoran yang memang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan pencetakan dokumen. 

No comments:

Post a Comment