Thursday 19 April 2012

Manusia dan Pandangan Hidup

IDEOLOGI

Ideologi berasal dari kata idea (Inggris), yang artinya gagasan, pengertian. Kata kerja Yunani oida = mengetahui, melihat dengan budi. Kata “logi” yang berasal dari bahasa Yunani logos yang artinya pengetahuan.
Jadi Ideologi mempunyai arti pengetahuan tentang gagasangagasan, pengetahuan tentang ide-ide, science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar. Dalam pengertian sehari-hari menurut Kaelan ‘idea’ disamakan artinya dengan citacita.
Dalam perkembangannya terdapat pengertian Ideologi yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Istilah Ideologi pertama kali dikemukakan oleh Destutt de Tracy seorang Perancis pada tahun 1796. Menurut Tracy ideologi yaitu ‘science of ideas’, suatu program yang diharapkan dapat membawa perubahan institusional dalam masyarakat Perancis.
Karl Marx mengartikan Ideologi sebagai pandangan hidup yang dikembangkan berdasarkan kepenti-ngan golongan atau kelas sosial tertentu dalam bidang politik atau sosial ekonomi. Gunawan Setiardjo mengemukakan bahwa ideologi adalah seperangkat ide asasi tentang manusia dan seluruh realitas yang dijadikan pedoman dan cita-cita hidup.
Ramlan Surbakti mengemukakan ada dua pengertian Ideologi yaitu Ideologi secara fungsional dan Ideologi secara struktural. Ideologi secara fungsional diartikan seperangkat gagasan tentang kebaikan bersama atau tentang masyarakat dan negara yang dianggap paling baik. Ideologi secara fungsional ini digolongkan menjadi dua tipe, yaitu Ideologi yang doktriner dan Ideologi yang pragmatis. Ideologi yang doktriner bilamana ajaran-ajaran yang terkandung di dalam Ideologi itu dirumuskan secara sistematis, dan pelaksanaannya diawasi secara ketat oleh aparat partai atau aparat pemerintah. Sebagai contohnya adalah komunisme. Sedangkan Ideologi yang pragmatis, apabila ajaran-ajaran yang terkandung di dalam Ideologi tersebut tidak dirumuskan secara sistematis dan terinci, namun dirumuskan secara umum hanya prinsip-prinsipnya, dan Ideologi itu disosialisasikan secara fungsional melalui kehidupan keluarga, sistem pendidikan, system ekonomi, kehidupan agama dan sistem politik.
Pelaksanaan Ideologi yang pragmatis tidak diawasi oleh aparat partai atau aparat pemerintah melainkan dengan pengaturan pelembagaan (internalization), contohnya individualisme atau liberalisme. Ideologi secara struktural diartikan sebagai sistem pembenaran, seperti gagasan dan formula politik atas setiap kebijakan dan tindakan yang diambil oleh penguasa.
Dengan demikian secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa Ideologi adalah kumpulan gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan yang menyeluruh dan sistematis, yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia.
Notonegoro sebagaimana dikutip oleh Kaelan mengemukakan, bahwa Ideologi negara dalam arti cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi dasar bagi suatu sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa yang bersangkutan pada hakikatnya merupakan asas kerokhanian yang antara lain memiliki ciri:
1) Mempunyai derajat yang tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan;
2) Mewujudkan suatu asas kerokhanian, pandangan dunia, pedoman hidup, pegangan hidup yang dipelihara, dikembangkan, diamalkan, dilestarikan kepada generasi berikutnya, diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban.
Ideologi merupakan cerminan cara berfikir orang atau masyarakat yang sekaligus membentuk orang atau masyarakat itu menuju cita-citanya. Ideologi merupakan sesuatu yang dihayati menjadi suatu keyakinan. Ideologi merupakan suatu pilihan yang jelas membawa komitmen (keterikatan) untuk mewujudkannya. Semakin mendalam kesadaran ideologis seseorang, maka akan semakin tinggi pula komitmennya untuk melaksanakannya.
Komitmen itu tercermin dalam sikap seseorang yang meyakini ideologinya sebagai ketentuan yang mengikat, yang harus ditaati dalam kehidupannya, baik dalam kehidupan pribadi ataupun masyarakat. Ideologi berintikan seperangkat nilai yang bersifat menyeluruh dan mendalam yang dimiliki dan dipegang oleh seseorang atau suatu masyarakat sebagai wawasan atau pandangan hidup mereka. Melalui rangkaian nilai itu mereka mengetahui bagaimana cara yang paling baik, yaitu secara moral atau normatif dianggap benar dan adil, dalam bersikap dan bertingkah laku untuk memelihara, mempertahankan, membangun kehidupan duniawi bersama dengan berbagai dimensinya. Pengertian yang demikian itu juga dapat dikembangkan untuk masyarakat yang lebih luas, yaitu masyarakat bangsa.


Artikel IDEOLOGI
IDEOLOGI PERUT

Maraknya korupsi di Indonesia penyebabnya hanya satu; ideologi perut belum selesai. Orang miskin sudah teruji menahan lapar, mereka terbiasa makan satu hari sekali. Coba, lihat, para koruptor. Mereka adalah yang notabene perutnya kenyang. Aneh kan, orang yang kenyang justru menjadi koruptor kelas kakap.

Ini artinya apa? Persoalan bangsa yang sangat mendasar adalah, para elit politik, politisi, penguasaha, dan birokrat harus bisa mengerem diri saat kenyang. Perut yang kenyang ternyata bukan jaminan tidak korupsi, tidak merampas uang rakyat, dan tidak tergoda dengan bujuk rayu untuk mengkhianati bangsa dengan memakan uang rakyat.

Contoh nyata dan ini hanya terjadi di Indonesia. Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Riau, Syafro Maizal, yang notabene berkecukupan, masih mencuri uang sebesar Rp1 juta. Ironisnya, perbuatan maling itu, saat ia antre di ATM. Berarti ia memiliki uang simpanan. Loh, kenapa ia masih maling punya orang lain, dengan dalih untuk membantu seorang ibu yang ada di ATM, namun diketahui ATMnya macet tidak bisa keluar.

Menurut hemat saya, ideologi perut adalah perut yang siap puasa saat tak berpunya. Ideologi perut adalah berempati dengan penderitaan sesama. Perut berideologi menjadikan kekayaan bukan sebagai alat untuk menimbun harta. Jabatan tidak dijadikan dalih, untuk mengeruk lebih banyak harta untuk sebuah prestise sosial, yang sesungguhnya perbuatan itu lebih hina atau sama hinanya dengan hewan yang melakukan hubungan intim ditengah kerumunan orang.

Coba bayangkan, hanya karena perut kenyang, yang mana menurut salah satu dalil islam, kekenyangan temannya syetan itu benar adanya. Gayus Tambunan karena kekenyangan ia pun menjadi terdakwa mapia pajak. Nazaruddin yang melakukan dugaan suap dalam kasus Wisma Atlet, karena kekenyangan sehingga serakah membabi buta membagi harta. Anas Urbaningrum karena perut kenyang, sehingga hasrat menulisnya mati suri, dan tertawar untuk coba-coba masuk dalam lingkaran kekuasaan yang korup.

Nah, perut kenyang itu memang tidak baik, apalagi kekenyangan. Makanya, saya menganjurkan bangsa ini, untuk memahami perut bisa diperlakukan secara proporsional. Makan secukupnya, itu anjuran. Makan lebih dari itu sehingga kekenyangan dan masuknya bisikan syetan bisa jadi diharamkan.

Saya yakin dan percaya, korupsi di negeri ini tidak akan pernah selesai, apabila perut para politisi—yang dewasa ini menjadi trend tersangka korupsi—belum berideologi. Perutnya masih berhasrat untuk kekenyangan, sehingga menimbun harta dengan cara yang tak etis. Maka dari itu, menjadi sebuah keniscayaan ideologi perut menjadi lebih penting dari sekedar ideologi pancasila yang abstrak. Ideologi perut adalah perasaan yang sensitif dengan rayuan dan bujukan khususnya untuk melakukan korupsi. Coba kompasianer lihat, kenapa para koruptor di negeri ini perutnya gendut? Yak arena mereka kekenyangan dan tidak sehat. Banyaknya makanan haram yang masuk ke perut, maka produk apapun yang keluar dari mulutnya, dan perbuatan yang dilakukanpun pasti tidak akan jauh dari tindakan yang berbau korupsi.
(sumber: 

Komentar Saya:

Ya memang kalo seseorang yang rakus selalu merasa lapar, tak peduli apa yang dia makan dan dari mana makanan yang dia dapat. 
dia hanya memakan sampai dia kenyang, dan bahkan dia tak mempunyai rasa lapar. hal ini sama seperti halnya KORUPTOR yang haus akan Rupiah.
dia tidak memikirkan uang haram yang dia makan, tidak memikirkan nasib rakyat kecil, tidak memikirkan sumber uang, dan bahkan tidak ingat dosa dan mati
contoh nyata yang terjadi di Indonesia dalam berita " Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Riau, Syafro Maizal, yang notabene berkecukupan, masih mencuri uang sebesar Rp1 juta"
tidak masuk akal sekali orang yang berkecukupan masih saja mencuri. anggota dprd mencuri?
Ini aib dari negara ini yang sangat memalukan sekali anggota DPRD mencuri uang di ATM dengan berdalih segala macam.
menurut saya Ideologi Perut adalah ideologi yang memikirkan sesama manusia bukan yang hanya memikirkan diri sendiri tapi disekelilingkita kelaparan.
Hidup ini bukan hanya di Dunia saja, jika kita membicarakan hal hina tentang Korupsi memang tak ada Ujungnya.
mendingan kta perbaiki diri kita agar kita peduli dengan lingkungan kita dan agar tidak selalu 'lapar' akan rupiah
Kita juga agar selalu mengingatkan kepada orang-orang sekitar kita agar tidak salah jalan dan selalu sadar diri ketika kita diberi amanah oleh orang lain terutama diberi amanah oleh rakyat.
Benar orang bilang "Suara Rakyat adalah Suara Tuhan"

Wednesday 18 April 2012

Contoh Celana kw Thailand Grade ORI









Pemesanan Hubungi : 08999130894
ID Kaskus                  : SonnySumarna
Twitter                       : @sonsums



Harga :
1-3 JERSEYS
JERSEY: IDR 160.000,-
LONG SLEEVE: +IDR 40.000,-
PLAYER NAME: +IDR 40.000,-
CUSTOME NAME: +IDR 65.000,-
PATCH: +IDR 28.000,-/PATCH
SHORTS: IDR 110.000,-

4-9 JERSEYS
JERSEY: IDR 155.000,-
LONG SLEEVE: +IDR 35.000,-
PLAYER NAME: +IDR 35.000,-
CUSTOME NAME: +IDR 65.000,-
PATCH: +IDR 25.000,-/PATCH
SHORTS: IDR 100.000,-

10-29 JERSEYS
JERSEY: IDR 150.000,-
LONG SLEEVE: +IDR 33.000,-
PLAYER NAME: +IDR 33.000,-
CUSTOME NAME: +IDR 60.000,-
PATCH: +IDR 23.000,-/PATCH
SHORTS: IDR 95.000,-

30++ JERSEYS
JERSEY: IDR 145.000,-
LONG SLEEVE: +IDR 30.000,-
PLAYER NAME: +IDR 30.000,-
CUSTOME NAME: +IDR 55.000,-
PATCH: +IDR 20.000,-/PATCH
SHORTS: IDR 90.000,-

*Harga diatas belum termasuk Ongkir



Manusia dan Keadilan

Pengertian Keadilan - Berbicara mengenai konsep atau Pengertian Keadilan (adil) akan banyak sekali timbul penafsiran ataupun pendapat yang menjelaskan tentang keadilan dari berbagai sudut pandang dan latar belakang pendidikan. Salah satu Pengertian Keadilan adalah suatu kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda ataupun orang
Dalam Al-Qur’an sendiri ada beberapa pengertian yang berkaitan dengan Keadilan yang berasal dari kata ‘adl, yaitu sesuatu yang benar, sikap yang tidak memihak, penjagaan hak-hak seseorang dan cara yang tepat dalam mengambil keputusan. Kebanyakan orang percaya bahwa ketidakadilan harus dilawan dan dihukum. Pada intinya Keadilan adalah meletakkan segala sesuatunya pada tempatnya atau proporsional.
Kategori Keadilan

Menurut Adam Smith, seorang bapak ilmu ekonomi modern membagi keadilan menjadi dua yaitu:
Keadilan Komutatif, Prinsip dari keadilan komutatif tidak merugikan dan melukai orang lain baik sebagai manusia, anggota keluarga, ataupun anggota masyarakat, baik menyangkut pribadinya, miliknya atau reputasinya.
Keadilan Distributif, Prinsipnya adalah bahwa manusia secara kodrati mempunyai rasa setia kawan yang kuat yang tidak begitu saja membiarakan sesamanya hidup menderita.

Menurut KH. Abdurrahman Wahid:
Secara Kebahasaan Al’adl adalah sebagai suatu keseimbangan.
Secara Keagamaan (Fiqh) Al’adl menjadi Al’adalah yang dapat diartikan sebagi daya psikologis yang menolak perbuatan buruk dan mendorong perbuatan baik.
Secara Umum, sebagai lawan dari kedzaliman berupa Keadilan Intelektual yaitu meletakkan keyakinan pada tempatnya yang benar atau meyakini sesuatu secara proporsional dan Keadilan Faktual yaitu meletakkan suatu perbuatan pada tempat yang layak. Keadilan Faktual ada 2 macam, yaitu Keadilan Subjektif (perbuatan sempurna terhadap diri sendiri) dan Keadilan Objektif (perbuatan sempurna terhadap selain diri sendiri)


Keadilan Sosial, merupakan salah satu dari butir Pancasila yaitu sila kelima yaitu "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia". Keadilan berkaitan dengan prinsip ketidakberpihakan (impartiality) yaitu prinsip perlakuan yang sama didepan hukum bagi setiap anggota masyarakat. Hukum yang Adil adalah bahwa semua warga negara berkedudukan sama dimata hukum sehingga hukum dapat dijadikan sebagai alat untuk membentuk masyarakat yang lebih baik, bermoral, berdisiplin dan bekerja keras.

Keadilan juga berkaitan dengan demokrasi dan kemanusiaan yang dituangkan dalam salah satu butir pancasila yaitu sila kedua”Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Selaras dengan makna keadilan, menempatkan sesuatu pada tempatnya, menjadikan keadilan sebagai sentral dalam Pancasila adalah mencerminkan keinginan agar prinsip-prinsip di dalamnya tidak saling meniadakan, tetapi saling menguatkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Keadilan merupakan hal yang mendasar yang memang harus ada dalam kehidupan ini.
Pengertian Keadilan Di ulas oleh Azhie Rating ( 5.0 )


Artikel Mengenai Keadilan
Saya sebenarnya malas menulis tema ini, tidak menarik dan membosankan. Tetapi, saya juga pusing melihat dan membaca komentar-komentar miring tentang kiprah hakim Indonesia oleh sejumlah pengamat, penulis, dan pembicara.


Apa yang tengah dilakukan hakim seluruh Indonesia di Jakarta, sejatinya mendapat apresiasi oleh masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, bukankah demokrasi itu adalah dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Kita harus bangga masih ada penegak hukum yang mau menyuarakan keadilan, menguak kebatilan, dan membuka misteri yang lama tersimpan. Bukan justru menghujat mereka, mencaci, memberikan komentar miring dan praduga tak bersalah.


Melalui tulisan ini, saya ingin menyampaikan beberapa hal penting dalam sejarah republik ini tentang hakim Indonesia. Pertama, aksi mogok hakim bukan pertama kali terjadi, sebelumnya sejumlah hakim di dunia pernah melakukan mogok, sebut saja di Ceko, Amerika Serikat, Yugoslavia, Cina, bahkan Mesir. Substansi yang mereka suarakan sama, keadilan dari rakyat dan penguasa.


Kedua, hakim sebagai penegak hukum yang melaksanakan kekuasaan kehakiman, selalu bertindak atasnama keadilan dan hukum. Oleh sebab itu, hakim seharusnya bukan menegakkan peraturan, melainkan menegakkan keadilan untuk semua pencari keadilan.


Aksi mogok sidang yang akan dilakukan hakim Indonesia adalah bagian dari mencari keadilan, bagaimana mungkin keadilan agak kokoh berdiri, ketika hakimnya merasa lapar, mengingat hutang piutang, mengenang atap rumah bocor dan biaya pendidikan anak yang masing menunggak. Apakah mungkin keadilan akan berjalan seadanya ketika hakim dalam keadaan terancam oleh godaan ’suap’ alias sogok alias gratifikasi.


Bukan bermaksud egois, namun sesungguhnya profesi penegak hukum adalah profesi mulia, Advokat adalah profesi officium nobile, jaksa juga profesi terhormat, polisi pun demikian, bahkan hakim juga profesi bermartabat yang harus dipelihara dan dijaga oleh seluruh rakyat Indonesia.


Sedikit meluruskan, fakta empiris masih banyak hakim yang merana di atas menara, bernyanyi tidak sesuai suara gendang dan berusaha membuka blokade pintu syurga dengan pesimis. Masih ada juga hakim terpaksa menjadi guru karena melunasi tunggakan listrik, telpon dan air bersih. Ada hakim yang hidup di pinggiran pantai dan tengah-tengah pulau yang tidak ada dalam PETA dengan memancing ikan lalu dijual.


Tidak sedikit hakim yang berpisah dengan anak dan istri karena tidak sanggup bersama-sama mereka, lagi-lagi faktor ekonomi. Saya justru takut dan khawatir jika hakim tidak terpenuhi hak-hak mereka, lalu mereka akan menjadi kufur karena kefakirannya. Bukankah Tuhan telah berfirman dalam Kitab Suci bawaan Muhammad SAW, “Sesungguhnya kefakiran (miskin) akan membawa kepada kekufuran.”


Janganlah mencaci dan meremehkan hakim Indonesia, kerena mereka adalah aset kita dalam penegakan hukum dan keadilan, kalaupun hukum kita masih carut marut, itu bukanlah semata-mata kesalahan hakim Indonesia, bukan kesalahan rakyat, dan kesalahan UU. Siapa tahu itu adalah kesalahan mereka yang berbicara tanpa bekerja?
(sumber:  
http://hukum.kompasiana.com/2012/04/11/hakim-hukum-dan-keadilan-rakyat/)


Komentar saya 
Menurut saya : Hukum di Indonesia ini sudah melakukan hukum rimba, karena dimana yang kuat disitu yang menjadi raja. Lalu bagaimana nasib si lemah? mungkin yang lemah akan menjadi debu-debu yang tidak boleh menuntut keadilan.
seperti contohnya Nenek yang mencuri coklat lalu mereka diadili ke meja hijau dengan dakwaan yang menurut saya tidak masuk akal. Coklat yang sudah jatuh ke tanah mungkin itu sudah dianggap tidak berguna tapi mengapa sampai ke meja hijau kasusnya?
Dari pada sampai kemeja hijau alangkah baiknya dihibahkannya uang dari pada untuk menyewa kuasa hukum hingga berpuluh-puluh juta hingga ratusan jika kasusnya 'goal'.
Lalu bagaimana koruptor yang korupsi hingga milyaran rupiah?
hukumnya hanya sebentar dan mereka bisa melakukan lagi
Ada juga yang menyuap hakim dan dia bebas dari penjara. Mungkin julukan Negara Indonesia telah hilang.
Dimana yang kuat dia yang berkuasa di negeri ini, Dimana yang punya kedudukan dia buta akan hukum, dan dimana yang kecil dia semakin ditindas oleh zaman yang sudah tak menganal 'wong cilik'
Seharusnya hukum berandaskan Al-qur'an dan Hadist dimana didalamnya hukum islam yang adil berlaku.
Tidak mengenal yang kaya, tidak mengenal jabatan, atasan, si kecil, yang kalangan bawah dan lain sebagainya.

Thursday 29 March 2012

Android

Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).


Andorid Versi 1.1



Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1
Fitur:
  • User interface
  • Aplikasi standart, alarm, olah pesan
  • voice search (pencarian suara)
  • pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android Versi 1.5 (Cupcake)



Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake).
Fitur:

  • Mampu merekam dan memutar video
  • Dapat mengunggah foto ke Picasa dan video ke Youtube (Picasa dan Youtube merupakan "produk" Google)
  • Dilengkapi soft keypad dengan fitur autocomplete
  • Mendukung penggunaan Bluetooth A2DP
  • Ada widget baru dan mengikuti pola pada desktop
  • Terdapat tambahan pilihan copas pada internet berbasis web page.
Android Versi 1.6 (Donut)



Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN.
Fitur:

  • Sudah ada pengintegrasian antara kamera, kamera video, dan galeri foto
  • Penambahan fungsi seleksi multi untuk foto pada fitur galeri
  • Peningkatan fitur voice search dan pengembangan voice dial
  • Pengembangan fitur pencarian untuk bookmark, kontak dan halaman web plus kecepatan pencarian
  • Peningkatan teknologi jaringan CDMG (EVDO), Wifi, gesture dan mesin text to speech
  • Mendukung layar dengan resolusi WVGA
  • Pengayaan aplikasi Android Market
Android Versi 2.0/2.1 (Eclair)


Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair)
Fitur:
  • Penggunaan browser baru dan mendukung HTML5
  • Google Maps 3.1.2
  • Microsoft Exchange
  • Kamera dengan flash dan zoom digital
  • Pengembangan MotionEvent dari tracking multi-touch untuk event
  • Keyboard virtual
  • Bluetooth v2.1
  • Kecepatan hardware dioptimalkan
  • Rasio B/W pada background lebih tinggi dan mendukung image beresolusi tinggi
Android Versi 2.2 (Froyo: Frozen Yogurt)


Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan.
Fitur:
  • Optimalisasi kecepatan dan performa Android OS
  • Integrasi chrome v8 javaScript kedalam aplikasi browser
  • Peningkatan dukungan Microsoft Exchange, Peningkatan aplikasi luncher dengan shortcuts menuju aplikasi phone dan browser
  • USB tethering dan WiFi hotspot functionality.
  • Penambahan pilihan untuk menonaktifkan akses data jaringan mobile
  • Aplikasi android market yang telah diperbaharui dengan fitur update otomatis.
  • Quick switching between multiple keyboard languages and their dictionaries.
  • Voice dialing dan berbagai kontak melalui bluetooth
  • mendukung file upload di aplikasi browser
  • dukungan terhadap aplikasi Adobe Flash 10.1 terakhir.
Android Versi 2.3 (GingerBread)


Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan.
Fitur:
NFC (Near-Field Communication)
Aplikasi NFC akan tersedia di dalam Gingerbread, ini memungkinkan produsen gadget untuk membuat perangkat yang bisa digunakan untuk transaksi nirkabel alias dompet elektronik.

Dukungan pada Kamera Depan
Aplikasi kamera di Android 2.3 sudah mendukung kamera depan sejak awalnya. Artinya produsen seperti HTC, yang salah satu versi ponsel Androidnya sudah memiliki dua kamera, bisa langsung memasang
dua kamera di ponsel Android.

Ponsel Internet
Kemampuan teleponi via internet, atau Voice over IP, akan didukung pada tingkat sistem operasi. Tanpa
aplikasi tambahan, pengguna sudah bisa membuat panggilan VoIP, tentu dengan setting SIP manual.

Tampilan yang Lebih Rapi
Tampilan antarmuka dari Gingerbread konon bakal makin rapih dan mudah dipelajari. Menu dan tema visual diperbaiki oleh Google untuk memudahkan navigasi.

Manajemen Aplikasi
Akan tersedia shortcut untuk sebuah aplikasi bernama Manage Applications. Di sini pengguna bisa melihat berapa besar memori yang diserap oleh masing-masing aplikasi yang sedang berjalan.

Input Teks Lebih Cepat
Keyboard Android Gingerbread dijanjikan akan lebih baik, dengan beberapa perubahan lokasi dan bentuk. Selain itu ada kemampuan memperbaiki salah ketik lewat kamus bawaan.

Copy Paste
Kemampuan untuk memilih (select) lalu melakukan Copy, Cut atau Paste di Gingerbread menjadi semakin
baik. Cara penggunaannya mirip yang dilakukan Apple pada iOS, lengkap dengan marker yang bisa digeser sebelum menyalin.

Android Versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet.
Fitur:
  • Tab, bukan Windows
  • Mudah mengakses akun Gmail plus "Action Bar"
  • Mendukung grafis tiga dimensi
  • Mampu menampilkan layanan Google Map lebih rinci dan dalam bentuk tiga dimensi.
  • Tambahan fitur untuk perusahaan
  • Keyboard Virtual komplit.

Android 4.0 (ICW: Ice Cream Sandwich)


Dirilis pada 19 Oktober 2011
Fitur:
Face unlock 
Fitur terbaru Face Unlock di Ice Cream Sandwich menekankan fitur tap kamera ponsel sehingga pengguna dapat log in hanya dengan melihat handset. Jika tidak ingin menggunakan 'grill', Anda bisa menggunakan nomor kode atau antarmuka gambar. 

Android beam 
Ice Cream Sandwich memanfaatkan teknologi NFC untuk berbagi aplikasi, situs, video YouTube, peta dan arah hanya dengan menekan dua ponsel Android 4.0 secara bersamaan. Aplikasi ini seperti Bump It di iOS. 

Browser baru
Web browser Android 4.0 berevolusi agar cocok untuk browser Chrome di komputer. Ice Cream Sandwich mencakup sinkronisasi Chrome yaitu membuat bookmark disinkronisasikan antara ponsel dan browser komputer. 

Tombol full site-nya memungkinkan pengguna beralih dari komputer, ponsel, atau komputer tablet. 

Kontak baru dan fitur jejaring sosial 
Informasi kontak bisa terkoneksi dari akun jejaring sosial Anda. Ditambah info lain yang telah disesuaikan secara manual. Data tersebut ditampilkan pada kartu mirip Windows Phone 7.5. 

Manajemen data 
Stok aplikasi bisa mengontrol aktivitas jaringan dan penggunaan data aplikasi spesifik. 

Antarmuka baru 
Tampilan Ice Cream Sandwich menyelaraskan desain futuristis handset dan sistem operasi. Android 4.0 juga memiliki ikon multitasking panggilan dan tombol peranti lunak yang beradaptasi. 

Kamera berkemampuan baru 
Fitur kamera pada Ice Cream Sandwich tidak mau ketinggalan dengan iOS 5. Tersedia pula editor filter penuh dan fitur pemutar gambar. 

Speech 
Fitur ini memudahkan pengguna membuat email, mengetik dan melakukan fungsi lainnya hanya dengan berbicara. 

Screenshots sederhana 
Screenshots digunakan tanpa harus menginstal aplikasi. Untuk mengambil screenshot hanya dengan kekuatan dan tombol volume-down. 

Manajemen widget 
Ice Cream Sandwich memberikan fleksibilitas widget untuk memilih ukuran informasi yang ditampilkan pada layar Home. Anda cukup tekan dan tahan layar waktu membuka menu untuk mengungkapkan semua widget.
Samsung Nexus Prime akan menjadi ponsel perdana yang menjalankan versi terbaru dari sistem operasi Android, dengan kode nama Ice Cream Sandwich (ICS).

Sumber:

Manusia dan Keindahan

Keindahan
Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indahl, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman, ta13nan, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.
Menurut The Liang Gie dalam bukunya “G,a-ris Besar Estetik” (Filsafat Keindahan) dalam bahasa Inggris keindahan itu diterjemahkan dengan kata “beautiful”, Perancis “beau”, Italia dan Spanyol “bello”, kata-kata itu ber­asal dari- bahasa Latin “bellum”. Akar katanya adalah ”bonum” yang berarti kebaikan kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi’ ”bonellum” dan terakhir dipendekkan sehingga ditulis “bellum”.

Selain itu menurut luasnya dibedakan pengertian:

1. Keindahan dalam arti luas.
Selanjutnya The Liang Gie menjelaskan.bahwa keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan. Misalnya Plato menyebut watak yang indah dan hukum yang indah, sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan.
Jadi pengertian yang seluas-Iuasnya meliputi :

  •  keindahan seni
  •  keindahan alam
  •  keindahan moral
  •  keindahan intelektual.


2. Keindahan dalam arti estetik murni.
Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetik seorang dalam hubungannya dellgan se:gala sesuatu yang diserapnya.

3. Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan.
Keindahan dalam arti yang terbatas, me~punyai arti yang lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut bendabenda yang dapat -diserap dengan penglihatan, yakni berupa keindahan bentuk dan warna. keindahan tersusun dari berbagai keselarasan dan kebalikan dari garis, warna, bentuk, nada, dan kata-kata. Ada pula yang berpendapat bahwa keindahan adalah suatu kumpulan hubungan-hubungan yang selaras dalam suatu benda dan di antara benda itu dengan si pengarnat.


Pengelompokan-pengelompokan pengerian keindahan
dilihat dari beberapa persepsi tentang keindahan berikut ini :
1. Keindahan adalah sesuatu yang rnendatangkan rasa menyenangkan bagi yang melihat (Tolstoy);
2. Keindahan adalah keseluruhan yang merupakan susunan yang teratur dari bagian-bagian yang saling berhubungan satu sarna lain, atau dengan keseluruhan itu sendiri. Atau, beauty is an order of parts in their manual relations and in their relation to the whole (Baumgarten).
3. Yang indah hanyalah yang baik. Jika belum baik ciptaan itu belurn indah. Keindahan harus dapat memupuk perasaan moral. Jadi ciptaan-ciptaan yang amoral tidak bisa dikatakan indah, karena tidak dapat digunakan untuk memupuk moral (Sulzer).
4. Keindahan dapat terlepas sarna sekali dari kebaikan (Winehelmann).
5. Yang indah adalah yang rnemiliki proporsi yang harmonis. Karena proporsi yang harrnonis itu nyata, maka keindahan itu dapat disamakan dengan kebaikan. Jadi, yang indah adalah nyata dan yang nyata adalah yang baik (Shaftesbury).
6. Keindahan adalah sesuatu yang dapat mendatangkan rasa senang (Hume).
7. Yang indah adalah yang paling banyak mendatangkan rasa senang, dan itu adalah yang dalam waktu sesingkat-singkatnya paling banyak memberikan pengalaman yang menyenangkan (Hemsterhuis).

Dengan melihat demikian beragamanya pengertian keindahan, dan kita harus percaya bahwa yang di atas itu hanyalah sebagian kecil, boleh jadi akan rnengeeewakan kita yang menuntut adanya satu pengertian yang tunggal tapi yang memuaskan. Namun demikian, dari berbagai pengertian yang ada, sebenarnya, kita bisa menempatkannya dalam kelompok-kelompok pengertian tersendiri, Pengelompokan-pengelompokan yang bisa kita buat adalah sebagai berikut :
1. Pengelompokan pengertian keindahan berdasar pada titik pijak atau landasannya.
Dalam hal ini ada dua pengertian keindahan, yaitu yang bertumpu pada obyek dan subyek, Yang pertama, yaitu keindahan yang obyektif, adalah keindahan yang memang ada pada obyeknya sementara kita sebagaimana mestinya. Sedang yang kedua; yang disebut keindahan subyektif; adalah keindahan yang biasanya ditinjau dari segi subyek yang melihat dan menghayatinya. Di sini keindahan diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat menimbulkan rasa senang pada diri si penikmat dan penghayat (subyek) tanpa dicampuri keinginan-keinginan yang bersifat praktis, atau kebutuhan·kebutuhan pribadi si penghayat.

2. Pengelompokan pengertian keindahan dengan berdasar pada cakupannya.
Bertitik tolak dari landasan ini kita bisa membedakan antara keindahan sebagai kualitas abstrak dan keindalan sebagai sebuah bcnda tertentu yang memang indah. Perbedaan semacam ini lebih tampak, misalnya dalam penggunaan bahasa Inggris yang mengenalnya istilah beauty untuk keindahan yang pertama, dan istilah The Beautiful untuk pengertian yang kedua, yaitu benda atau hal·hal tertentu yang memang indah.

3. Pengelompokan pengertian keindahan berdasar luas-sempitnya.
Dalam pengelompokan ini kita bisa membedakan antara pengertian keindahan dalam arti luas, dalam arti estetik murni, dan dalam arti yang terbatas. Keindahan dalam arti luas, menurut The Liang Gie, mengandung gagasan tentang kebaikan. Untuk ini bisa dilihat misalnya dari pemikiran Plato, yang menyebut adanya watak yang indah dan hukum yang indah: Aristoteles yang melihat keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan

Dari apa yang dikemukakan di atas, ada hal bisa kita petik, yaitu: Pertama, keindahan menyangkut persoalan filsafati, sehingga jawaban terhadap apa itu keindahan sudah barang tentu bisa bermacam-macam. Kedua, keindahan sebagai pengertian mempunyai makna yang relatif, yaitu sangat tergantung kepada subyeknya.
Pengertian keindahan tidak hanya terbatas pada kenikmatan penglihatan semata-mata, tetapi sekaligus kenikmatan spiritual. Itulah sebabnya Al-Ghazali memasukkan nilai-nilai spiritual, moral dan agama sebagai unsur-unsur keindahan, di samping sudah . barang. tentu unsur-unsur yang lain.

Artikel yang berkaitan dengan keindahan

KEINDAHAN PANTAI LEGIAN



Pantai Legian, lebih dari 2 dasawarsa menjadi pusat perhatian bule yang berkunjung ke Bali. Dia mirip pantai Kuta karena memang bertetangga. Ada ombak lembut yang cocok untuk selancar. Ada pasir putih yang pas untuk berjemur matahari dan ada pula sunset yang memikat untuk dinikmati saat melesak masuk peraduannya di senja hari.
Di musim penghujan atau wet season seperti sekarang ini pantai sepanjang 1 km itu toh tetap menampilkan keindahan tersendiri. Ada begitu banyak sampah ranting kering, dahan bambu dan plastik yang menghempas pantai sejak seminggu belakangan ini. Payung, meja dan kursi serja jajaran surfing yang biasa kita saksikan sejak pagi sampai sore hilang digantikan oleh pemandangan yang menakjubkan itu.
“Seperti lukisan abstrak, kita mesti melangkah hati hati karena kalau menginjaknya akan merusak lukisan selain merusak kaki,” ungkap Vonny, 21 tahun bule asal Perth yang libur di Legian sampai Pebruari nanti.
Harapannya untuk mandi matahari dan nonton sunset di pantai Legian pupus sudah. Berganti dengan suasana usai perang tapi menurutnya masih menyisakan keindahan tersendiri. Tak ada kesan jijik atau sebal dikalangan wisatawan yang berkunjung ke Lagian. Vonny malahan berjanji akan datang lagi tahun depan untuk mendapatkan suasana yang melankolis disertai angin kencang dan serbuan sampah ini.
“Jarang di tempat wisata lain di dunia kita mendapati suasana yang meruyak sesak sampah seperti ini, saya sudah ke Thailand, Vietnam, pantainya bersih sepanjang tahun disini suasananya jadi sungguh amat seru,” tambahnya.

Beberapa wisatawan yang berkeliaran pagi hari di pantai Legian tak mempermasalahkan petugas pantai yang biasanya mengelola kebersihan. Mereka malahan dengan keasyikan tersendiri mengabadikan keindahan sampah yang bak lukisan abstrak itu. Diantaranya malahan seperti prihatin karena sampah itu tentu membuat pengelola pantai jadi mendapatkan kesulitan untuk mengendalikan serbuan sampah.
“Mungkin mereka sudah kehabisan tenaga waktu dan fikiran untuk memecahkan masalah sampah yang setiap tahun berulang ini, mereka mungkin malahan sedang merenung dan introspeksi diri kenapa ada serbuan sampah,” ungkapnya.
Penjaja payung dan penyedia meja untuk berjemur juga sudah hengkang sejak akhir tahun lampau. Mereka sudah mencium gelagat pantai Legian akan diserbu sampah lebih dahsyat ketimbang tahun sebelumnya dan pasti dalam waktu sebulan atau lebih. Anton, Beny, Candra, Darto dan Edy semuanya balik kampung.
Ada yang ke Jember, Lumajang, Medan atau Bandung. Mereka merasa tak perlu ikut menanggung resiko rugi karena pada musim angin barat Legian akan masuk masa paceklik. Begitu juga ratusan pedagang yang biasa menjajakan bikini, monte, topi rajutan dan aneka macam makanan kecil lainnya sudah sejak seminggu meliburkan diri.
“Buat apa datang ke pantai yang diserbu sampah dari laut itu, lebih baik tiduran atau nongkrong nonton tv dirumah,” ungkap Warsini, 38 tahun pedagang bikini di pantai Legian.
Di beberapa bagian ada pula alat berat yang menyisir sampah dedaunan, tapi karena jumlah sampah yang mencapai ribuan ton mereka tentu kewalahan. Akhirnya mereka membiarkan saja sampah itu berserakan dan membuat pantai Legian menjadi menampilkan suasana yang lain dari biasanya.
Di depan Blue Ocean yang terkenal sejak 40 tahun lampau itu masih terlihat payung berkibar tapi bule tak kunjung datang untuk berjemur seperti biasanya.
“Angin kencang dan ombak kacau dan matahari tertutup mendung sungguh tak nyaman untuk bersantai,” ungkap Wendy, 22 tahun bule asal Sidney yang berlibur sampai awal Pebruary nanti. Selama seminggu di Legian dia cukup puas hanya berjalan disela sampah kayu kering plastik dan dedaunan yang membuat pantai Legian seperti menampilkan lukisan abstrak.
Yang menanggung untung adalah Tuminem, Poninten, Suliyem dan Markonah pemulung yang panen raya sejak seminggu ini di pantai Legian. Dia memungut sampah plastik berupa botol minuman, kaleng bier dan pecahan ember yang ikut terseret bersama timbunan sampah.
Dia tak bisa menikmati keindahan sampah yang bak lukisan abstrak itu. Tangannya dengan sigap menjemba apa saja yang ada dihadapannya terutama yang berbahan plastik.
“Kadang dapat satu karung, kadang dua karung, sekilonya bisa 2000 rupiah untuk plastik,” tuturnya. Dalam sehari dia bisa tiga kali bolak balik ke tempat penampungan sampah dekat rumah kosnya di Seminyak Bali.
Bila hari biasa mereka harus berkeliling sejak subuh hari ke berbagai tempat dengan berjalan kaki, sekarang mereka leluasa mendapatkan sampah plastik tanpa perlu susah payah. Keindahan itu memberinya rejeki nomplok.

Komentar saya:
Saya sangat prihatin sekali tentang sampah-sampah ranting-ranting pohon, plastik dan dahan bambu yang berserakan di Pantai Legian. Dimana Pantai Legian ini yang elok tentang pesona alamnya, pasir putih yang sangat memikat hati, terik matahari yang pas sekali untuk wisatawan internasional maupun lokal yang bertujuan untuk menjemur di pinggiran pantai, Sunsetnya yang amat begitu indah dan Obaknya pun pas untuk berselancar.
Musim penghujan yang dikambing hitamkan atas kejadian ini, mungkin menurut saya kesiapan petugas pantai dan dinas kebersihan harus berbenah diri atas kejadian ini. Jika Pantai Legian ini bersih akan mendatangkan wisatawan mancanegara dan akan mendatangkan investor. Para penikmat sekitar pantai pun harus sadar diri agar tidak membuang sampah sembarangan agar tidak menambah kotornya Pantai Legian.
Banyak wisatawan mancanegara yang gigit jari karena tidak bisa menjemur akibat hal ini, seperti contoh Vonny, 21 Tahun asal Perth dan Wendy, 22 Tahun asal sydney yang tidak bisa menghabiskan liburan di pantai ini. 
Tidak hanya Wisatawan mancanegara yang tidak dapat menikmati Pantai Legian ini, Masyarakat yang setiap harinya mengais rejeki di pantai ini. Diantaranya yang berjualan Bikini, Topi Pantai, Tukang Pijat dan pedagang kecil lainnya.
Mereka memilih berdiam diri dirumah sambil mengerjakan pekerjaan rumah, bersantai bahkan ada yang pulang ke kampung halamannya dari pada berjualan dikarenakan jika mereka berjualan itu percuma dikarenakan pengunjung pantai yang setiap harinya mengalami penurunan jumlahnya.
Banyak beberapa kalangan yang sangat prihatin atas kejadian ini.
Jika ini terus menerus didiamkan dan tidak ada response yang serius dari pemerintah maka devisa negara kita akan turun kembali.
Ayooo berbenah untuk menciptakan Pantai Legian yang indah nan elok 

Manusia dan Penderitaan

Pengertian Penderitaan
Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhraartinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dalam kehidupan manusia sering terjadi seiring berkembangnya kehidupan manusia tersebut. Semakin berkembangnya kehidupan manusia makan akan semakin kompleks juga penderitaan yang akn di hadapi manusia.


Penderitaan termasuk realitas manusia dan dunia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat semakin tinggi intensitas semakin berat juga penderitaan yang di alami oleh manusia tersebut. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit kembali bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencpai kenikmatan dan kebahagiaan.


Manusia lebih menyukai kenikmatan. Sedangkan penderitaan sangat di hindarkan, dalam suatu kehidupan manusia. Seseorang pasti akan merasakan penderitaan bagaimanapun jenis dan bentuknya. Contoh penderitaan fisik, bencana yang sedang di hadapin oleh orang tersebut, setra masalah yang sedang menimpa orang tersebut. Penderitaan terbagi menjadi 2 yaitu penderitaan yang bersifat lama dan penderitaan yang bersifat sementara. Penderitaan yang bersifat lama atau tidaknya tergantung oleh penyebab penderitaan tersebut. Contoh penderitaan yang bersifat lama. Kehilangan orang yang penting di dalam kehidupan seseorang. Sedangkan contoh penderitaan yang bersifat sementara adalah di kecewakanya oleh seseorang.


Penderitan dan kenikatan manusia/seseorang dengan menyukai atau tidaknya sesuatu. Jika manusia tersebut suka makan ia akan menikmati apa yang sedang dia rasakan. Sedangkan jika dia tidak menyukai maka dia akan merasa menderita dengan apa yang ia rasakan. Penderitaan yang selalu di hadapi oleh manusia bermanfaat untuk menjadi bahan instropeksi diri masing-masing manusia. Selain menjadi bahan instropeksi dapat pula menjadi suatu pengalam seseorang untuk menjadi manusia yang lebih bijak. Penderitaan tidak selalu merugika untuk yang merasakan. Mental seseorang sangat berperan penting untuk menghadapi penderitan yang sedang di alami. Selain mental yang kuat peran orang sekitar manusia juga sangat berperan untuk menyelesaikan penderitaan dan juga memberikan dorangan motivasi serta jalan keluar untuk menyelesaikan penderitaan seseorang.
Sumber


Artikel Penderitaan

Usaha pemberantasan korupsi selama ini selalu berorientasi pada hukuman apa yang sepatutnya diberikan pada koruptor agar jera. Wacana hukuman mati juga digulirkan, seolah para koruptor adalah dajal yang harus dilenyapkan dari muka bumi dan semua masalah korupsi akan terselesaikan dengan sendirinya. Pepatah lama mengatakan “tujuannya baik tetapi sayang caranya yang kurang tepat.” Kenapa? Belajar dari cara kerja seorang dokter sebelum menentukan resep atau obat yang akan diberikan pada pasien maka diagnosa harus dilakukan terlebih dahulu. Demikian pula dalam pemberantasan korupsi. Kalau korupsi itu boleh dianalogikan sebagai penyakit maka pertanyaan yang muncul apa penyebab timbulnya korupsi?. Dalam artian kita perlu meninjau sejarahnya. Bagaimana cara penyebarannya? Baru dapat ditentukan obatnya. Jangan sampai salah dalam memberikan obat, karena selama ini orang selalu bicara hukuman tanpa tahu penyebabnya.
W.F. Wertheim Profesor of Modern History and Siciology of Southeast Asia pernah menulis dalam bukunya “Indonesian Society in Transition” bahwa masalah korupsi di Indonesia bersumber antara lain pada budaya feodal yang mengakibatkan “Conflicting loyalities” yaitu dalam artian antara kewajiban terhadap keluarga dan kewajiban terhadap negara. Dampaknya korupsi menjadi way of life dan kebiasaan hidup golongan teras negeri ini. Akirnya korupsi menjadi part of life dari para pejabat dan rakyat menjadi sapi perah. Bila ini terjadi maka para koruptor juga melanggar hak asasi manusia.
Bila dilihat ke belakang proses perfeodalan mulai pesat sekitar abad ke-17 yang di dalamnya meliputi bidang ekonomi dan kebudayaan. Kebudayaan jawa berkembang ke arah kebangsawanan maka pengagungan terhadap nilai-nilai kebangsawanan terjadi. Tradisi kebangasawan semakin menjalar maka tradisi ekonomi makin terdesak. Akibanya produksi barang dan jasa diatur berdasarkan ikatan feodal. Artinya hubungan yang berlaku adalah kekuasaan dan ketaatan. Dari sini dapat diketahui kalau dahulu kita selalu menyalahkan penjajah belanda sebagai penghambat kemajuan maka sekarang setelah merdeka kita sadar bahwa ada di dalam diri kita sendiri yang menjadi penghambat kemajuan.
Mewabahnya korupsi tidak bisa dihadapi dengan amarah, misalnya pemberian hukuman mati. Karena masalah korupsi di indonesia lebih merupakan masalah budaya bukan polisonil. Bukannya menolak pemberlakuan hukum, tidak. Karena Indonesia adalah negara hukum maka sudah sepatutnya pemberian hukum itu akan baik bila dilakukan dalam pembinaan budaya. Karena para koruptor adalah bukan penjahat biasa, mereka adalah orang yang terbelakang yang patut dikasihani dan dibina. Mereka adalah orang-orang yang mengalami penderitaan kulturil. Dalam artian belum siap nekerja dalam sistem modern.
Jadi pemberantasan korupsi bukan semata-mata memancung kepala para koruptor sebanyak-banyaknya. Hukuman mati salah sasaran dan kurang adil. Bagaimana dengan koruptor yang tidak menjabat lagi, mereka luput dari jerat hukum. Bukannya hukum tidak perlu, tetap perlu. Pertanyaannya apakah orang yang mengalami penderitaan kulturil (baca badan dalam pesawat terbang kepala teringgal di gerobak) harus dihukum mati, kalau itu dilakukan maka sama seperti menyembuhkan penyakit dengan membunuh pasiennya sekaligus.
Sumber


Komentar saya
Ya, mungkin masyarakat Indonesia telah bosan mendengar kata "KORUPSI" yang biasanya yang terlibat didalamnya adalah para dewan terhormat hingga penegak hukum pun terlibat didalamnya. Memang ini adalah sesuatu yang memalukan, bahkan aib bangsa Indonesia dari dahulu hingga sekarang.
Bahkan kemarin-kemarin pun seorang artis terlibat korupsi, seharusnya mereka bertanggung jawab atas amanah rakyat yang diberikan oleh mereka.
Hukuman yang tidak sepadan membuat mereka tidak jera dan melakukan tindakan ini lagi dan lagi. Hukuman mati banyak diperbincangkan oleh masyarakat untuk memberikan efek jera, tapi ini belum terwujud sepenuhnya. Memang pantas menurut saya hukuman mati diberikan pada koruptor, seperti yang dilakukan oleh negara China. 
Bahkan profesor dari asia pernah menulis buku tentang korupsi di Indonesia, mungkin profesor itu prihatin tentang kebobrokan negeri kita yang menjadi tempat nyaman para koruptor.
ketidak maksimalnya KPK mengusut korupsi merupakan tantangan berat yang harus di hadapi KPK.
semoga kedepannya KPK bisa lebih 'ganas' mengusut tindak korupsi.
amin


Sonny Sumarna
1KB03